Amsterdam for The Second Timers

Kota Amsterdam yang selalu dipenuhi turis sepanjang tahun sangat sayang jika dijelajahi hanya dalam waktu sesingkat 2-3 hari. Biasanya yang dikunjungi turis dalam 2-3 hari adalah Museum square, Dam square dan pertokoan sekitarnya, Red Light district, serta Volendam dan Zaanse Schans. Berikut adalah tempat atraksi yang saya nikmati selama tinggal a.k.a jalan-jalan di Amsterdam dua tahun ini:

1. Pasar terbuka. Yang paling terkenal dan touristic adalah Albert Cuyp Market. Jika Anda sudah pernah ke pasar ini, cobalah ke pasar lain yang banyak dikunjungi warga lokal yaitu Dappermarkt atau Ten Katemarkt. Semua pasar ini menjual jenis barang yang mirip seperti kuliner setempat, buah dan ikan segar, fashion, serta souvenir. Seperti dapat Anda tebak, Dappermarkt dan Ten Katemarkt menjual barang yang sama dengan Albert Cuyp tapi dengan harga jauh lebih murah. Cicipilah poffertjes, ikan kibbeling goreng, stroopwaffle, dan berbagai jenis keju di pasar-pasar ini. Ten Katemarkt mudah dikunjungi dengan Tram No 7 atau 17 turun di halte Ten Katestraat. Sedangkan keterangan tentang Dappermarkt dapat dilihat disini

2. Taman. Yang paling mudah dijangkau karena letaknya yang berdekatan dengan Museum square adalah Vondelpark. Jika Anda sudah pernah kesitu, jelajahi lah Amstelpark, Westerpark, dan Amsterdamse Bos. Taman-taman ini tidak kalah indah, malah lebih luas daripada Vondelpark, khususnya Amstelpark dan Amsterdamse Bos. Sebenarnya Amsterdamse Bos adalah hutan, di dalamnya kita bisa lihat peternakan, main kano, bersepeda, dan lain-lain. Tetapi menurut saya yang paling menarik adalah Amstelpark. Tamannya tertata cantik sehingga sering dijadikan lokasi wedding dan foto prewedding. Di dalamnya kita bisa naik kereta kecil, dengan membayar 2,5 euro, untuk berkeliling taman tersebut. Selain itu, ada tempat main anak yang luas, peternakan untuk anak-anak seperti kelinci dan domba, bermain mini-golf, danau yang indah, dan lain-lain. Sedangkan di Westerpark sering sekali diadakan event seperti Food Festival. Salah satunya seperti ini. Sedangkan jadwal food festival dapat dilihat di sini dan di sini

3. Haarlemmerdijk. Ini adalah daerah shopping dan cuci-cuci mata yang segar yang tidak dikunjungi oleh first-timer di Amsterdam. Jika Anda menyusuri sepanjang jalan Haarlemmerdijk dan Haarlemmerstraat, Anda akan menemui kafe dan resto kecil-kecil yang lucu serta butik-butik fashion yang cute dan unik. Area ini khususnya cocok untuk Anda yang berjiwa muda karena sangat banyak turis ABG bule yang nongkrong disini. Aksesnya sangat mudah, bisa jalan kaki dari Centraal Station, atau naik bus no. 18 atau 21 turun di Haarlemmerplein.

4. Bijlmer. Kalau Anda sudah hafal semua toko di pusat kota, silahkan berkunjung ke Bijlmer. Ini adalah area pertokoan outdoor yang komplit. Persis di depan stasiun metro Bijlmer, ada outlet Esprit yang tentunya lebih murah daripada toko Esprit di tengah kota. Silahkan lihat daftar tokonya disini.

5. Kincir angin. Untuk melihat kincir angin, di dalam kota Amsterdam juga ada beberapa kincir angin. Di Timur Amsterdam, ada kincir angin De Gooyer. Sangat dekat dengan pasar Dappermarkt. Jadi Anda bisa menyambangi dua atraksi ini sekaligus. Sedangkan di Barat Amsterdam, ada kincir angin Sloten. Untuk ke Sloten, Anda bisa naik tram no. 2 sampai halte terakhir lalu jalan kaki menuju kincir angin ini. Dalam perjalanan, Anda bisa melihat daerah perumahan yang sangat Belanda dimana ada sungai kecil, gereja tua, kantor polisi kuno, dan sebagainya. Ini adalah foto kincir angin Sloten.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s